Daun salam adalah bahan kuliner yang disebut dengan daun laurel, tanaman mediterania Laurus nobilis dari keluarga laurel yang selalu hijau. Disini dibahas khasiat daun salam, cara penyajian dan kandungan nutrisi lengkap dengan kontraindikasi atau efek samping yang ditimbulkan.




Apa Itu Daun Salam

Daun salam adalah jenis daun rempah yang mengandung minyak atsiri, serta asam asetat, valerat dan beberapa asam lainnya. Daun salam segar sangat aromatik, tapi cukup pahit; tetapi uniknya pada saat dikeringkan, rasa pahitnya terasa lenyap, tapi aromanya tidak terlalu berkurang (Batool, dkk., 2020).

Daun salam paling sering dijual kering – yaitu daun utuh yang dikeringkan. Daun salam juga dijual dalam bentuk bubuk yaitu daun dikeringkan lalu digiling, kemudian ada juga dalam bentuk minyak esensial daun salam yang siap pakai untuk aneka jenis masakan.

Karena maraknya popularitas daun salam di negara-negara barat maka banyak nama rempah-rempah daun salam sering juga diunggulkan dengan ungkapan “daun salam” (bay leaf) – “daun salam India Barat”, “daun salam Indonesia” , “daun salam India” dan sebagainya. Bumbu dari daun salam ini tidak ada hubungannya dengan jenis daun salam dalam arti botani, mereka memiliki rasa dan aroma yang berbeda, tetapi digunakan dalam memasak dengan cara yang sama.

Daun Salam / Bay Leaf

Cara Memasak Dengan Daun Salam

Dalam resep obat herbal atau resep masakan, daun salam itu sendiri tidak bisa dimakan – melainkan ditambahkan ke dalam piring panas (pada aneka sup, semur, daging, ikan) dan olahan 5-10 menit sebelum dimasak, lalu diangkat. Selama ini daun salam memberi rasa dan aromanya pada hidangan atau menambah khasiat pada ramun herbal yang dibuat.

Usahakan untuk merebus daun salam dan merica hitam dalam air (5-6 lembar daun salam dan 9-10 biji merica per 1 liter air), tutup penutupnya, dinginkan, saring, lalu encerkan daging cincang dengan infus ini sebagai pengganti air. Untuk jenis bubuk, daun salam dapat dilarutkan sepenuhnya sebagaimana garam.

8 Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan

Khasiat daun salam bagi kesehatan baik digunakan pria maupun wanita memiliki efek manfaat sebagai berikut:

  1. Daun salam memiliki efek yang kuat pada saluran cerna, juga sebagai stimulan, diuretik dan muntah. Daunnya membantu mengurangi toksisitas dalam tubuh. Selain itu, senyawa organik dalam komposisinya sangat efektif dalam mengatur gangguan pencernaan, hingga meredakan iritasi usus besar.
  2. Beberapa protein yang lebih kompleks dalam makanan modern kita sulit dicerna, tetapi enzim unik dalam daun salam dapat membuat proses ini lebih mudah.
  3. Minyak daun salam siap pakai aktif digunakan untuk penyakit saluran pernafasan dan berbagai macam penyakit pernafasan. Menghirup uap infus daun salam memiliki efek aromaterapi yang sangat baik, dapat melemahkan dahak dan menghilangkan bakteri berbahaya pada sistem pernafasan karena sifat antibakterinya.
  4. Untuk meningkatkan kesehatan folikel rambut, meredakan kulit kering dan menghilangkan ketombe, seduh daun salam dalam air, kemudian usapkan pada kulit kepala dengan infus setelah dicuci.
  5. Salah satu khasiat utama daun salam adalah kemampuannya mengurangi peradangan. Daunnya mengandung parthenolides yang cukup unik yang dapat dengan cepat mengurangi peradangan dan iritasi pada persendian atau area yang terkena arthritis. Efek ini dapat dicapai melalui konsumsi daun salam yang biasa sebagai bumbu dapur.
  6. Asam caffeic dan rutin adalah senyawa organik penting yang ditemukan dalam daun salam yang secara signifikan meningkatkan kesehatan jantung. Rutin memperkuat dinding kapiler di jantung dan ekstremitas tubuh, sedangkan asam caffeic dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat dari sistem vaskular.
  7. Kombinasi unik antioksidan dan senyawa organik dalam daun salam – fitonutrien, katekin, linalool, melindungi tubuh dari radikal bebas yang mengubah sel sehat menjadi sel kanker.
  8. Manfaat daun salam lainnya yang terkenal adalah efek menenangkan alami. Linalool sering dikaitkan dengan timi dan kemangi, tetapi juga ada dalam daun salam. Ini dapat membantu menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh, terutama bila digunakan dalam aromaterapi. Hormon stres yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan Anda dalam jangka panjang, karena daun salam dapat membantu Anda untuk menenangkan diri dan tetap rileks, bahkan di saat-saat paling cemas.

Resep Herbal Daun Salam

Daun salam dapat dijadikan aneka obat dan sangat berkhasiat bagi tubuh pria maupun wanita. Beberapa resep daun salam dapat dilihat sebagai berikut:

1. Resep Daun Salam Obati Diabetes Melitus

Daun salam membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah lonjakan gula darah. Ambil 10 lembar daun salam, tuangkan dua liter air dingin ke atasnya, taruh piring di atas api kecil dan masak sampai cairan mendidih. Kemudian kaldu harus diinfuskan selama dua minggu. Minuman yang sudah jadi harus diminum secara teratur, 100 mililiter per hari.

2. Resep Daun Salam Obati Kista

Radang kandung kemih cukup umum terjadi dan menimbulkan banyak ketidaknyamanan, karena ditandai dengan sakit perut dan keinginan yang salah untuk buang air kecil. Anda dapat membantu diri Anda sendiri di rumah dengan beberapa resep menggunakan daun salam.

Salah satu yang paling efektif adalah penggunaan bak mandi khusus. Untuk menyiapkannya, Anda perlu menuangkan panci berisi air dingin, rendam 30 gram daun salam ke dalamnya, didihkan dan didihkan selama 20-30 menit.

Kaldu yang dihasilkan perlu didinginkan sedikit, dituangkan ke dalam baskom kecil biasa dan duduk di dalamnya. Durasi prosedur ini sekitar 10 menit, pada akhirnya dianjurkan untuk buang air kecil ke dalam baskom untuk penetrasi kaldu yang lebih dalam ke dalam uretra.

3. Daun Salam untuk Asam Urat

Daun salam mampu melarutkan dan menghilangkan garam dari tubuh, jadi resep dengan penggunaannya efektif dalam mengobati asam urat. Untuk menyiapkan kaldu penyembuh, tambahkan 5 gram daun salam ke dalam 300 mililiter air dingin dan didihkan dengan api kecil selama 10 menit.

Setelah itu, Anda harus membiarkan produk diseduh selama 2 jam lagi. Dianjurkan untuk meminumnya sedikit demi sedikit di siang hari. Minuman ini meredakan peradangan pada persendian dan menghilangkan kelebihan garam.

4. Mengobati Astritis Dengan Daun Salam

Daun salam memiliki efek menguntungkan pada berfungsinya seluruh saluran pencernaan. Ini memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan di perut dan mempercepat penyembuhan penyakit tukak lambung.

Tuang 4 gram daun salam dengan satu gelas air panas, tunggu produknya seduh, saring dan minum dalam porsi kecil sepanjang hari.

Kontraindikasi, Efek Samping Daun Salam

Anda harus membatasi asupan daun salam berlebih jika terjadi penyakit hati dan ginjal yang parah, pankreatitis atau kolesistitis, pembekuan darah yang buruk dan kecenderungan perdarahan, kehamilan dan menyusui, serta intoleransi individu.

Tidak diragukan lagi, seperti pengobatan tradisional, daun salam memiliki kontraindikasi tersendiri untuk digunakan. Tidak jarang banyak orang mengalami reaksi alergi yang tidak menyenangkan. Anda juga sebaiknya tidak menggunakan daun salam untuk banyak penyakit, yang lebih baik untuk dibicarakan dengan dokter Anda.

Misalnya daun salam sebaiknya tidak digunakan untuk penyakit ginjal. Bagaimanapun, seperti yang Anda ketahui, ketika urin dikeluarkan dari tubuh, organ ini akan memiliki beban tambahan, yang sangat dikontraindikasikan.

Juga, wanita hamil dilarang mengambil produk yang terbuat dari tanaman ini. Karena tidak menutup kemungkinan dapat memicu keguguran, karena tanaman ini mampu menimbulkan aktivitas kontraktil pada dinding rahim apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Berdasarkan hal ini, sebelum menggunakan obat ini atau itu, perlu mempelajari tanaman atau obat itu, serta berkonsultasi dengan dokter, agar tidak membahayakan kesehatan Anda sendiri.

Kandungan Nutrisi Daun Salam

Jumlah nutrisi dalam daun salam terbatas, namun semuanya sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan manusia. Asam lipolic, linolenic, omega-3 dan omega-6 memiliki efek menguntungkan pada banyak organ dan menormalkan kerja organ tubuh. Daun salam dapat memperbaiki kondisi kulit, rambut dan kuku. Omega-3 mendukung sistem kardiovaskular, menurunkan jumlah kolesterol jahat dan memenuhi tubuh dengan energi.

Dari mineral tersebut, daun salam mengandung zat besi, tembaga, mangan dan selenium. Zat besi adalah bagian dari hemoglobin dan mencegah perkembangan anemia, dan mangan membantunya diserap. Tembaga adalah bahan pembangun untuk jaringan ikat dan tulang, dan selenium adalah asisten dalam menjaga kekebalan yang baik dan melawan virus.

Selain itu, daun salam mengandung kalsium, magnesium dan potasium yang mengatur kontraksi otot jantung. Kalsium mendukung kesehatan tulang, gigi dan kuku. Magnesium adalah bagian dari sistem saraf dan meningkatkan konduksi impuls saraf. Bumbu ini kaya vitamin B, C dan A – penting untuk menjaga keremajaan dan kecantikan kulit dan untuk kesehatan seluruh organisme.

Give a Comment