Aneka manfaat kunyit sangat baik untuk manusia. Kunyit dapat dijumpai hampir di setiap dapur, namun tidak semua orang tahu tentang kegunaan atau manfaatnya bagi pria atau wanita. Disini kita akan berbicara tentang khasiat kunyit dan cara mengonsumsi kurkumin atau kunyit baik dalam suplemen makanan atau rimpang segar sehingga zat berharga ini memiliki efek maksimal.




Apa Itu Kunyit?

Kunyit adalah tanaman dari keluarga jahe, rimpang dan batangnya mengandung pewarna kuning – kurkumin. Di India sejak 600-an SM. kunyit digunakan untuk membuat bubuk kari. Nama lain dari kunyit adalah kurkuma. Bumbu ini disukai karena rasanya yang kaya, warna yang diberikan pada masakan, dan khasiat penyembuhannya. Yang terakhir bertanggung jawab atas senyawa aktif kurkuminoid – volumenya 3% dari total berat akar atau batang (Tayyem, dkk., 2006). Warnanya yang jingga-kuning cerah sepertinya menandakan bahwa minuman ini penuh energi dan vitalitas.

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kesehatan

Kandungan Nutrisi Kunyit

Bumbu ini direkomendasikan untuk demam, penyakit hati dan gatal-gatal. Beberapa orang menggunakan kunyit untuk mengatasi mulas dan untuk meningkatkan daya ingat, tetapi tidak ada bukti ilmiah yang meyakinkan untuk mendukung keefektifan bumbu dalam kasus ini. Manfaat kunyit mengandung minyak esensial dan banyak zat bermanfaat: vitamin C, vitamin K dan B, zat besi, fosfor, lembah, yodium dan kalsium. 100 g bumbu mengandung 2-7% mineral makanan, 3-7% minyak esensial, 6-8% protein, 60-70% karbohidrat dan 3-7% lemak.

Kunyit mengandung minyak esensial dan kurkumin (pewarna kuning). Tanaman ini kaya akan fosfor, zat besi, yodium, kalsium, kolin, serta sekelompok vitamin B (B1, B2, B5), C dan K. Kunyit menghilangkan racun dan zat berbahaya dari tubuh, karena mengandung antioksidan yang “membunuh” Radikal bebas. Ilmuwan percaya bahwa bumbu kari memiliki efek menguntungkan pada penyakit Alzheimer, menghilangkan kelebihan air dari tubuh, dan mengurangi pembengkakan pada artritis. Manfaat kunyit juga menghalangi sel kanker, mencegah kanker payudara. Rasa kunyit yang menyengat membantu melawan virus dan bakteri jahat, sehingga bumbunya berguna untuk segala jenis peradangan. Kunyit menormalkan fungsi sistem pencernaan, ginjal, dan kantong empedu. Meningkatkan nafsu makan.

Prinsip Dasar Pemberian Kunyit

Prinsip dasar aturan pakai kunyit agar tidak membahayakan kesehatan, Anda harus mengikuti beberapa prinsip dasar mengonsumsi kunyit. Anjuran dan saran dalam minum kunyit yaitu:

  1. Dosis harian tidak boleh melebihi 5 gram;
  2. Setelah pengobatan maksimal dua bulan, sangat penting untuk istirahat;
  3. Bumbu kunyit dapat dikombinasikan dengan makanan yang kaya lemak sehat.
  4. Manfaat kunyit memiliki efek tonik, jadi sebaiknya jangan mengonsumsi suplemen kurkumin sebelum tidur.
  5. Kurkumin adalah zat yang larut dalam lemak. Oleh karena itu, suplemen kunyit sebaiknya diminum sebelum atau selama makan yang mengandung lemak, seperti makanan yang mengandung minyak, kaldu, dll.
  6. Piperine, bahan aktif dalam lada hitam, mencegah netralisasi kurkumin di saluran pencernaan dan ekskresinya. Campurkan kunyit dengan lada hitam jika suplemen kurkumin Anda tidak diperkaya dengan piperine seperti Infinity Turmeric Power .
  7. Tidak ada rekomendasi pasti untuk durasi kursus, suplemen kunyit bisa diminum selama 2-3 bulan, setelah itu sebaiknya istirahat.
  8. Kurkumin sebagai sediaan herbal mampu menimbulkan reaksi individu dalam tubuh, oleh karena itu sebaiknya mulai menggunakan kunyit dalam bentuk tablet dengan dosis kecil agar tidak menimbulkan masalah pada saluran cerna.
  9. Hindari mengonsumsi suplemen kunyit dengan suplemen makanan dan obat-obatan lain – kunyit dapat mengurangi penyerapan obat. Anda harus istirahat minimal 2 jam.

Manfaat Kunyit

Banyak penelitian yang mendukung kunyit bermanfaat untuk kesehatan kekebalan tubuh, fungsi otak, dan kesehatan kulit. Kami memahami khasiat dan fitur berharga dari rempah-rempah bersama dengan ahlinya. Manfaat kunyit digunakan untuk meredakan nyeri dan peradangan seperti osteoartritis. Perlu diingat bahwa kurkumin kurang diserap ke dalam aliran darah, lebih baik memakannya dengan makanan berlemak . Efeknya ditingkatkan dengan kombinasi rempah-rempah yang tepat.

1. Menghilangkan Peradangan

Peradangan kronis adalah penyebab utama banyak penyakit umum. Ini termasuk penyakit jantung, sindrom metabolik, penyakit Alzheimer, dan berbagai kondisi degeneratif. Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat untuk membantu meredakan peradangan yang terjadi.

2. Antioksidan Alami

Oksidasi tubuh dianggap sebagai salah satu mekanisme yang mempercepat penuaan dan memicu penyakit. Ini melibatkan radikal bebas yang bereaksi dengan zat organik – protein, asam lemak dan DNA. Antioksidan seperti kunyit melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, manfaat kunyit mampu meningkatkan aktivitas enzim antioksidan mereka sendiri.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Dulu neuron dianggap kehilangan kemampuannya untuk membelah dan bereproduksi. Namun, sekarang diketahui bahwa mereka mampu membentuk ikatan baru dan jumlahnya terus meningkat. Salah satu penyebab utama proses ini adalah faktor neurotropik otak (BDNF), sejenis hormon pertumbuhan. Banyak penyakit terkenal, termasuk depresi dan penyakit Alzheimer, dikaitkan dengan penurunan kadar hormon ini. Kurkumin dapat ditambahkan ke makanan untuk pencegahan. Ini meningkatkan tingkat hormon otak BDNF, yang meningkatkan pertumbuhan neuron baru dan melawan berbagai proses degeneratif.

4. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung terjadi karena berbagai alasan, dari kecenderungan genetik hingga gaya hidup. Tetapi para ilmuwan yakin bahwa kurkumin dapat mencegah masalah kesehatan. Manfaat kunyit meningkatkan fungsi endotel yang melapisi dinding pembuluh darah. Kehancuran mereka memicu perkembangan penyakit jantung, gangguan tekanan darah dan penurunan pembekuan darah. Penelitian menegaskan bahwa manfaat kunyit atau kurkumin bekerja seperti obat atorvastatin – ia menurunkan kolesterol (Usharani, dkk., 2008).

5. Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Kunyit dapat mencegah kanker. Para ilmuwan telah menunjukkan bahwa rempah-rempah mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan penyebaran tumor pada tingkat molekuler. Ini mengurangi ontogenesis – metastasis dan munculnya pembuluh darah baru pada tumor. Efek dosis tinggi pada pengobatan kanker memang belum banyak diteliti, namun dokter mengatakan antioksidan dalam kunyit dapat digunakan sebagai terapi pencegahan untuk mencegah kanker.

6. Pencegahan Penyakit Alzheimer

Penyakit neurodegeneratif paling umum di dunia adalah penyebab utama demensia. Tidak ada obat untuk penyakit Alzheimer, jadi dokter menyarankan untuk fokus mencegahnya. Proses inflamasi dan oksidatif berperan dalam perkembangan penyakit, dan kurkumin mengurangi kedua proses ini. Selain itu, ciri utama penyakit Alzheimer adalah akumulasi kusut protein yang disebut plak amiloid. Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat kunyit / kurkumin membantu membersihkan plak ini.

7. Bantuan Arthritis

Suplemen kurkumin direkomendasikan untuk pasien dengan peradangan sendi. Satu studi melibatkan pasien dengan rheumatoid arthritis. Mereka mencatat bahwa kunyit dalam banyak kasus sama efektifnya dalam menghilangkan rasa sakit sebagai obat anti-inflamasi kimia, itulah manfaat kunyit yang baik bagi pria atau wanita.

8. Melawan Depresi

Penelitian telah mengkonfirmasi bahwa kurkumin memiliki manfaat anti depresi. Depresi dikaitkan dengan penurunan kadar faktor neurotropik otak (BDNF) dan kontraksi hipokampus, area otak yang berperan dalam pembelajaran dan memori. Manfaat kunyit meningkatkan kadar BDNF, berpotensi membalikkan proses ini.

9. Memperlambat Penuaan

Kunyit membantu melawan perubahan terkait usia dan penyakit kronis. Ini sering digunakan sebagai aditif vitamin kompleks untuk menjaga keremajaan dan kecantikan. Manfaat kunyit dapat bertindak sebagai antioksidan, meningkatkan sirkulasi darah dan, akibatnya, proses regenerasi kulit. Bumbu meningkatkan sintesis kolagen, meningkatkan penyembuhan luka kecil dan menghilangkan jerawat karena sifat anti-inflamasi. Berkat antioksidan kuatnya, kunyit dapat meratakan warna kulit (Srivilai, dkk., 2017).

10. Menurunkan Kolesterol

Untuk menurunkan kolesterol darah, Anda perlu menggabungkan 0,5 liter susu murni, 10 siung bawang putih, satu sendok teh kunyit. Pertama, rebus bawang putih dalam susu selama sekitar setengah jam, lalu tambahkan kunyit ke dalamnya. Minum hangat setiap hari. Untuk mendapatkan hasil maksimal lakukan pembersihan seperti ini selama sebulan.

11. Meredakan Komplikasi Kardiovaskular

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin memiliki khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dengan bertindak sebagai antioksidan dan anti inflamasi. Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa mengonsumsi 4 gram kurkumin per hari 3 hari sebelum dan 5 hari setelah operasi bypass arteri koroner mengurangi risiko serangan jantung sebesar 17%.

12. Melindungi hati dari batu empedu dan kerusakan

Telah ditetapkan secara empiris bahwa kurkumin sangat penting untuk hati dan kantong empedu kita . Ini meningkatkan produksi empedu dan juga melindungi sel hati dari kerusakan kimiawi.

Kontraindikasi Bahaya Kunyit

Secara keseluruhan, manfaat kunyit kunyit tidak ada yang berbahaya pada bahannya. Satu-satunya hal yang bisa menjadi kontraindikasi penggunaannya adalah intoleransi individu. Oleh karena itu, jika Anda alergi terhadap bumbu pedas, kemungkinan besar Anda akan bereaksi terhadap kunyit. Berikut ini adalah kontraindikasi yang biasa muncul:

  • Kurkumin memiliki efek anti-trombin dan efektif dalam mengencerkan darah; suplemen kunyit tidak boleh dikonsumsi dengan pembekuan darah rendah atau sebelum setelah operasi.
  • Jangan mengambil kurkumin untuk kolelitiasis karena kemungkinan kontraksi kandung empedu
  • Hal yang sama berlaku untuk urolitiasis: di hadapan batu ginjal, kurkumin dikonsumsi dengan hati-hati dan setelah berkonsultasi dengan spesialis.
  • Mengambil suplemen kurkumin harus istirahat selama kehamilan dan menyusui.
  • Kurkumin menurunkan kadar insulin darah dan meningkatkan efek obat diabetes. Penting untuk mempertimbangkan hal ini saat minum obat lain.
  • Kurkumin menetralkan racun dan secara efektif memulihkan tubuh setelah kemoterapi. Namun, resepsi harus dihentikan dua minggu sebelum terapi dan dilanjutkan dua minggu setelahnya.

Seperti produk alami lainnya, kunyit dapat juga menyebabkan alergi. Jika tubuh bereaksi terhadap rempah-rempah yang diketahui, gunakan bumbu ini dengan sangat hati-hati. Sebelum digunakan terus-menerus, Anda perlu melakukan tes di tangan: oleskan sejumput kunyit dengan air atau susu dan lihat reaksi kulit selama dua hari. Wanita hamil sebaiknya tidak sering makan kunyit karena efek pengencer darahnya. Selain itu, ada spekulasi bahwa makan rempah-rempah panas pada trimester terakhir dapat memicu nyeri persalinan.

Kunyit harus dihilangkan dari makanan untuk orang yang memakai pengencer darah (aspirin, warfarin) dan obat antidiabetik; bumbu ini menurunkan kadar gula darah. Menambahkan sedikit kunyit ke dalam makanan sebagai bumbu tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Referensi:

Tayyem RF, Heath DD, Al-Delaimy WK, Rock CL. Curcumin content of turmeric and curry powders. Nutr Cancer. 2006;55(2):126-31. doi: 10.1207/s15327914nc5502_2. PMID: 17044766.

No Responses

Give a Comment